Pemerintah sering melakukan berbagai upaya untuk
meningkatkan kualitas guru, antara lain melalui seminar, pelatihan, dan loka
karya, bahkan melalui pendidikan formal maupun menyekolahkan guru pada tingkat yang
lebih tinggi. Kendatipun dalam pelakansaannya masih jauh dari harapan, dan
banyak penyimpangan, namun paling tidak telah menghasilkan suatu kondisi yang
menunjukkan bahwa sebagian guru memiliki ijazah perguruan tinggi.
Latar belakang
pendidikan ini mestinya berkorelasi positif dengan kualitas pendidikan,
bersamaan dengan faktor lain yang mempengaruhi. Walaupun dalam kenyataannya
banyak guru yang melakukan kesalahan-kesalahan yang seringkali tidak disadari
oleh guru dalam pembelajaran.
Maka
dari itu guru-guru di Indonesia harus meningkatkan semua kompetensi baik
kompetensi pedagogik, kepribadian, professional
serta sosial. Selain itu ada juga 9 perilaku positif yang harus dipunyai oleh
guru, perilaku tersebut antara lain:
- DISIPLIN
- KREATIF DAN INOVATIF
- TERTIB ADMINISTRASI
- PEKA LINGKUNGAN
- MENERIMA TUGAS TAMBAHAN
- MELAKUKAN PENGEMBANGAN DIRI
- TIDAK “ MATA DUITAN”
- AKTIF BERMASYARAKAT
- IKHLAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar